STUDI EMPIRIS PERILAKU KONSUMEN ALIEXPRESS: PERAN ONLINE CONSUMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF
Abstract
Identifikasi peran dari online consumer review, online customer rating, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen menjadi tujuan penelitian ini. Data dikumpulkan melalui survei online kepada responden yang memiliki pengalaman membeli produk di AliExpress secara online. Ada 97 responden yang layak digunakan sebagai sumber data. Analisis datanya dilakukan dengan suatu teknik yang disebut analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian berdasarkan hasilnya dinyatakan bahwa pengaruh positif yang signifikan dapat diberikan oleh online consumer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu, peran dari persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen juga penting meskipun pengaruh yang dikontribusikan tidak sebesar online consumer review dan online customer rating. Dengan demikian, penting untuk perusahaan menggunakan online consumer review dan online customer rating karena ini menjadi alat efektif dalam membentuk keputusan pembelian konsumen. Selain itu, persepsi harga juga harus diperhatikan oleh perusahaan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.