PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP PEMILIHAN MEREK MASKAPAI PENERBANGAN
Abstract
Semakin banyak pengguna pesawat terbang sebagai transportasi umum, memberikan kesempatan pada perusahaan maskapai penerbangan untuk memperkenalkan merek maskapai penerbangan kepada masyarakat luas. Merek-merek maskapai penerbangan memperkuat layanan penerbangan agar dapat memberikan kesan positif pada merek yang akhirnya memilih merek maskapai penerbangan untuk jasa transportasi udara. Untuk itu perlu diketahui faktor-faktor yang membuat konsumen memilih merek maskapai penerbangan. Riset ini untuk mengamati apakah harga dan citra merek memberikan pengaruh pada pemilihan merek maskapai penerbangan. Populasi penelitian ini merupakan masyarakat Indonesia yang menggunakan maskapai penerbangan minimal sebanyak tiga kali pada kurun waktu setahun belakang. Sampling secara purposive dan sebanyak 100 sampel. Teknik regresi untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan harga dan citra merek memberikan pengaruh signifikan pada pemilihan merek.