PENGARUH HARGA DIRI DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PEMBELIAN IMPLUSIF

  • Ella Anastasya Sinambela
  • Utami Puji Lestari Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: harga diri, kepribadian, pembelian implusif

Abstract

 

Peningkatan angka penjualan telah menjadi salah satu tujuan perusahaan. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai perilaku konsumen. Pembelian implusif merupakan perilaku konsumen yang memberikan manfaat bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran harga diri dan kepribadian terhadap pembentukan pembelian impulsif. Pada penelitian ini digunakan 60 responden sebagai sampel penelitian yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa harga diri memberikan pengaruh signifikan pada pembentukan pembelian implusif. Kepribadian juga terbukti dapat memengaruhi pembelian implusif dari konsumen. Penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh signifikan dari harga diri dan kepribadian secara bersama-sama terhdap pembentukan pembelian implusif.

Published
2023-01-02