PERAN TIMELIMENES DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER SATISFACTION, CUSTOMER LOYALTY PT. JNE

  • Achmad Daengs
  • Enny Istanti Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Indriana Kristiawati STIA Dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
Keywords: Timeliness, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

Persaingan dalam industri jasa pengiriman menjadi semakin ketat. Dengan adanya kondisi tersebut, membuat setiap perusahaan harus mampu bertahan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh timeliness terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Sampel dalam penelitian ini yaitu konsumen yang pernah melakukan menggunakan jasa pengiriman PT. JNE sebanyak 100 sampel dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini dibuktikan bahwa timeliness berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Hasil dalam penelitian ini juga dibuktikan bahwa Customer Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty.

Published
2022-06-30