KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PENYEBERANGAN PADA KAPAL MOTOR PENUMPANG PRATHITA PT ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG KETAPANG DI BANYUWANGI

  • Bambang Suryantoro

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pengguna jasa penyeberangan pada Kapal Motor Penumpang Prathita PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna jasa penyeberangan pada Kapal Motor Penumpang Prathita PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang berjumlah 100 orang. Dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan  R Square sebesar 0,632 hal ini menunjukkan 63,2% kepuasan pengguna jasa penyeberangan pada KMP. Prathita dijelaskan oleh variabel kualitas layanan dan kepercayaan dan sisanya sebanyak 36,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Variabel kualitas layanan dan kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen diterima yaitu dengan tingkat signifikansi masing-masing kurang dari 0,05. Selain itu hasil korelasi parsial menunjukkan ada pengaruh secara parsial kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen yairu kualitas layanan sebesar 57,0% dan kepercayaan (X2) sebesar 66,4%.

Published
2021-06-28