Distribusi Dokumen dan Waktu Penyelesaian Nota terhadap One Day Billing
Abstract
Setiap perusahaan jasa menyatakan bahwa tujuan perusahaan adalah memuaskan pelanggan dan kini semakin disadari bahwa pelayanan dan kepuasan pelanggan merupakan aspek yang vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan. Kepuasan pelanggan juga merupakan kunci keberhasilan perusahaan untuk mencapai laba dalam jangka panjang. Pengukuran kepuasan pelanggan di PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) pada Divisi Pelayanan Kapal Cabang Tanjung Perak dapat dilihat dari pelayanan One Day Billing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh distribusi dokumen terhadap One Day Billing, (2) pengaruh waktu penyelesaian nota terhadap One Day Billing. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yaitu 120 gerakan kapal. Teknik pengumpulan data melalui metode studi kepustakaan dan studi lapangan.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik biner.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa distribusi dokumen tidak memiliki pengaruh terhadap One Day Billing, sedangkan waktu penyelesaian nota berpengaruh terhadap One Day Billing.