PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN KERJA DAN GAYA KEPEMIMPINAN DISAAT NORMAL BARU PASCA COVID- 19 TERHADAP KINERJA KERJA PEGAWAI DI RSUD BERIMAN KOTA BALIKPAPAN
Abstract
Abstrak. Kinerja karyawan adalah salah satu unsur penting dalam sebuah organisasi. Berbagai hal dapat lakukan agar meningkatkan kinerja karyawan disuatu organisasi. Tujuan dari penulisan penelitian ini untuk menganalisis kondisi pasca pandemi COVID-19 serta ditunjang dengan gaya kepemimpinan yang diterapkan dapat mempengaruhi kinerja karyawan.. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 karyawan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja kerja dari pegawai RSUD Beriman Kota Balikpapan. Salah satu cara agar RSUD menjaga kebersihan dilingkungan RSUD adalah dengan melakukan pembersihan 3 kali sehari oleh rekan-rekan Cleaning Service dan melakukan Sterilisasi dengan melakukan disinfektan setiap 2 kali dalam seminggu sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman dalam bekerja. Komunikasi yang baik dari pimpinan juga menjadi hal penting dalam mendorong peningkatan kinerja pegawai. Pimpinan yang dapat berkomunikasi dengan baik akan dapat memberikan arahan, memotivasi dan melakukan koordinasi baik antar pimpinan maupun antar bawahan.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Normal Baru, Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan
Abstrac. Employee performance is one of the important elements in an organization. Various things can be done to improve employee performance in an organization. The purpose of writing this research is to analyze the conditions after the COVID-19 pandemic and supported by the leadership style applied can affect employee performance. This research uses quantitative methods with a sample of 100 employees. The data analysis method used is correlational research method and multiple linear regression analysis. From the result of the research, it is known that work environment and leadership style variables significantly influence the work performance of the employees of RSUD Beriman Kota Balikpapan. One way for the RSUD to maintain cleanliness in the environment is by cleaning 3 times a day by Cleaning Service colleagues and sterilizing by disinfecting every 2 times a week so as to create a sense of security and comfort at work. Good communication from leaders is also important in encouraging improved employee performance. Leaders who can communicate well will be able to provide direction, motivate and coordinate both between leaders and between subordinates. Keywords: Employee Performance, New Normal, Work Environment, Leadership Style