UPAYA MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MANAJEMEN STRES
Abstract
Dalam era bisnis yang modern, di mana lingkungan kerja cenderung tidak menentu, makas diperlukan para karyawan memiliki keterampilan untuk efektif mengelola aspek emosional dan menghadapi tekanan yang timbul seiring dengan pelaksanaan tugas-tugas pekerjaan mereka. Kecerdasan emosional dan stres kerja menjadi dua elemen utama yang memiliki peranan penting dalam membentuk kinerja karyawan. Penelitian ini untuk mengetahui apakah pengaruh kecerdasan emosional dan stres kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menyiratkan bahwa adanya kecerdasan emosional dan stres kerja berperan signifikan dalam menentukan kinerja karyawan. Dalam kesimpulannya, kesadaran akan peran kunci kecerdasan emosional dan manajemen stres dalam membentuk kinerja karyawan harus dijadikan dasar untuk pengembangan kebijakan sumber daya manusia yang efektif, tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif bagi semua anggota organisasi.