STRATEGI INOVASI DAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM DI KOTA SURABAYA
Abstract
Persaingan pasar dan kekuatan bisnis menjadi syarat kebertahanan UMKM. Penerapan strategi inovasi serta pemasaran media sosial yeng efektif terhadap produk dapat menyebabkan diferensisasi dengan pesaing dan menarik lebih banyak pelanggan sehingga membentuk keunggulan bersaing. Penelitian ini menentukan hubungan antara strategi inovasi, pemasaran media sosial dan keunggulan kompetitif UMKM di Surabaya. Penelitian kuantitatif melakukan survei langsung kepada pelaku UMKM melalui kuesioner. Teknik analisis data melibatkan regresi berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel strategi inovasi dan pemasaran media sosial dengan keunggulan bersaing. Hasil penelitian membuktikan strategi inovasi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM kerajinan tangan di Kota Surabaya. Pemasaran melalui media sosial juga memberikan kontribusi yang positif terhadap keunggulan bersaing, menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran online dapat menjadi faktor penentu penting untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital.