JUTRANIS https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut <p>Jurnal Administrasi Bisnis (JUTRANIS) adalah jurnal ilmiah 6 bulanan yang memuat karya Mahasiswa di Bidang ilmu Administrasi dan manajemen bisnis, secara khusus bertujuan untuk mengumpulkan karya-karya mahasiswa berkualitas dibidang administrasi bisnis dan manajemen kepelabuhanan serta logistik.</p> en-US library@stiamak.ac.id (LPPM STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA) Wed, 24 Sep 2025 13:29:30 +0700 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 CUSTOMER REVIEW, INFLUENCER ENDORSEMENT, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN : TRUST DALAM PERAN MODERASI https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/260 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>customer review</em>, <em>influencer endorsement</em>, dan <em>soscial media marketing</em> terhadap keputusan pembelian dengan trust sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Sumenep yang pernah melakukan pembelian di Damala Kitchen. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan model <em>Moderated Regression Analysis</em> (MRA) dan analisis <em>Structural Equation Model </em>(SEM) berbasis <em>Partial Least Square</em> dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>customer review </em>tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan <em>influencer endorsement </em>dan <em>social media marketing </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Selanjutnya, <em>trust </em>dapat memoderasi pengaruh <em>influencer endorsement </em>terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan <em>trust </em>tidak dapat memoderasi pengaruh <em>customer review </em>dan <em>social media marketing </em>terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen.</p> <p><strong>Kata Kunci: <em>Customer Review</em>; <em>Influencer Endorsement</em>; Keputusan Pembelian; <em>Social Media Marketing</em>; <em>Trust</em></strong></p> <p>&nbsp;</p> Siti Nur Ulfa Romadhani, Juli Prastyorini, Gugus Wijonarko, Meyti Hanna Ester Kalangi ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/260 Wed, 24 Sep 2025 13:29:06 +0700 DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM DI SURABAYA UTARA DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/282 <p>Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk memperluas fungsi <br>pemasaran. Strategi ini mempermudah pelaku bisnis terutama UMKM dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dan <br>memasarkan produk. Selain digital marketing, brand awareness juga penting sebagai pengenal produk kepada pelanggan yang <br>dapat mempengaruhi sebuah keputusan pembelian. Penelitian brtujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan <br>brand Awareness terhadap keputusan pembelian dengan adanya promosi sebagai variabel moderasi. Penelitian kuantitatif ini <br>menggunakan metodel SEM dan MRA melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital <br>marketing, brand awareness, daan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara <br>promosi sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada hubungan antara digital marketing dan brand <br>awareness terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran pada <br>UMKM. <br>Kata Kunci: Brand Awareness; Digital Marketing; Keputusan Pembelian; Promosi; UMKM.</p> Hanifah Belen Fauziyyah, Juli Prastyorini, Gugus Wijonarko, Meyti Hanna Ester Kalangi ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/282 Fri, 31 Oct 2025 12:43:49 +0700 PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN, DAN HARGA YANG KOMPETITIF TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT. LINTAS TRANS LOGISTIK https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/283 <p>Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif saat ini, mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan hal yang krusial bagi keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas layanan, ketepatan waktu pengiriman, dan harga yang kompetitif terhadap loyalitas pelanggan di PT. Lintas Trans Logistik, Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 45 responden yang merupakan pelanggan PT. Lintas Trans Logistik. Data dianalisis menggunakan software SPSS versi 29 untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing variabel terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan (X1) dan Harga Yang Kompetitif (X3) secara signifikan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Namun, Ketepatan Waktu Pengiriman (X2) tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam konteks perusahaan ini. Hasil penelitian ini konsisten dengan <em>grand theory of consumer behavior</em> yang menekankan pentingnya faktor-faktor seperti kepuasan pelanggan dalam membangun loyalitas. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa PT. Lintas Trans Logistik dapat meningkatkan strategi pemasaran dan layanan mereka dengan fokus pada peningkatan kualitas layanan dan penetapan harga yang kompetitif untuk memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong>Kualitas Pelayanan;Ketepatan Waktu Pengiriman;Harga Yang Kompetitif;Loyalitas Pelanggan.</p> Kiki Dwi Putri, Dian Arisanti, Indriana Kristiawati, Mudayat Mudayat ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/283 Fri, 31 Oct 2025 14:06:40 +0700 PENGARUH ATMOSFER CAFE, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CAFE LOT#1 https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/284 <p>Penelitian ini mengkaji pengaruh atmosfer kafe, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di <em>Cafe</em> Lot#1. Dalam bisnis makanan dan minuman yang kompetitif, kepuasan pelanggan adalah kunci keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan <em>Expectancy Disconfirmation Theory</em> untuk menganalisis bagaimana faktor-faktor tersebut secara simultan memengaruhi kepuasan pelanggan. <em>Atmosfer Cafe</em> menciptakan pengalaman sensorik, kualitas produk mencakup atribut rasa dan presentasi, sementara pelayanan melibatkan interaksi staf yang ramah dan efisien. <em>Cafe</em> Lot#1, yang dikenal dengan konsep mewah dan pemandangan kolam renang di Surabaya Timur, menjadi studi kasus menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh individu serta simultan dari atmosfer, kualitas produk, dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan empiris bagi manajemen <em>Cafe</em> Lot#1 dan pelaku bisnis kafe lainnya untuk meningkatkan strategi operasional dan pemasaran. Hal ini di karenakan penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda sebagai metode analisis, dengan begitu hasil dari penelitian ini memperlihatkan jika dari variabel <em>Atmosfer Cafe</em>, Kualitas Produk dan Pelayanan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di <em>Cafe</em> Lot#1.</p> <p><strong><em>Kata Kunci: </em></strong><em>Atmosfer Cafe, Kualitas Produk, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan</em></p> Alfredo Sila Fransisco Ipir, Meyti Hanna Ester Kalangi, Indriana Kristiawati, Dian Arisanti ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/284 Fri, 31 Oct 2025 14:17:20 +0700 PENGARUH KEPUASAN, MOTIVASI, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. TERMINAL PETIKEMAS SURABAYA (TPS) https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/285 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Masalah sumber daya manusia masih menjadi yang terdepan agar perusahaan dapat bertahan di era globalisasi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Studi ini termasuk pada jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sejumlah 80 responden yang nantinya hasil jawaban tersebut akan diuji keabsahannya serta analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi berganda, uji t dan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) baik secara parsial maupun simultan. Selanjutnya kemampuan variabel kepuasan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi dalam mempengaruhi kinerja karyawan adalah sebesar 48,1%, sedangkan 51,9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lainnya yang tidak dikaji pada penelitian ini.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kepuasan Kerja; Motivasi; Budaya Organisasi; Kinerja Karyawan.</p> Tarisya Dinda Oktaviani, Mudayat Mudayat, Juli Prasetyorini, Nur Widyawati ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/285 Fri, 31 Oct 2025 15:44:25 +0700