https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/issue/feed JUTRANIS 2024-08-29T16:15:05+07:00 LPPM STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA library@stiamak.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Administrasi Bisnis (JUTRABIS) adalah jurnal ilmiah 6 bulanan yang memuat karya Mahasiswa di Bidang ilmu Administrasi dan manajemen bisnis, secara khusus bertujuan untuk mengumpulkan karya-karya mahasiswa berkualitas dibidang administrasi bisnis dan manajemen kepelabuhanan serta logistik.</p> https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/153 KUALITAS LAYANAN, WAKTU TUNGGU DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PELAYANAN MEDICAL CHECK UP KLINIK WESTERINDO 2024-08-19T16:08:26+07:00 Abdulloh Zubayri abdullohzubayri97@gmail.com Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id Juli Prastyorini juli.prastyorini@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p><br>Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh kualitas layanan, waktu tunggu, dan fasilitas terhadap kepuasan<br>pasien dalam pelayanan medical check-up di Klinik Utama Laboratorium Westerindo Surabaya. Metode kuantitatif digunakan<br>dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data, melibatkan pasien yang telah menjalani medical check-up di klinik<br>tersebut. Pentingnya penelitian ini terletak pada fakta bahwa kepuasan pasien merupakan faktor utama dalam menentukan<br>kualitas pelayanan kesehatan, khususnya dalam medical check-up yang berfungsi sebagai langkah awal pencegahan dan deteksi<br>dini penyakit.<br>Hasil analisis data menggunakan SPSS 29 menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari kualitas layanan (X1),<br>waktu tunggu (X2), dan fasilitas (X3) terhadap kepuasan pasien (Y), dengan uji t yang valid untuk semua pernyataan (rhitung<br>&gt; 0,227). Analisis regresi linear berganda menyimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh<br>signifikan terhadap kepuasan pasien, ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 26.786 dengan tingkat signifikansi α = 0,000 &lt;<br>0,05. Fenomena ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas layanan, pengurangan waktu tunggu, dan perbaikan fasilitas<br>sangat penting dalam meningkatkan kepuasan pasien di klinik ini.</p> <p>Skripsi. Program Studi Administrasi Bisnis 2024<br>Kata kunci : Kualitas Layanan ; Waktu Tunggu ; Fasilitas dan Kepuasan Pelanggan </p> 2024-08-19T16:07:02+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/154 PENGARUH PROSEDUR KERJA, WAKTU DAN TENAGA KERJATERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT IDT TRANS AGENCY SURABAYA 2024-08-20T17:41:00+07:00 Adinda Damayanti adindadamay24@gmail.com Meyti Hanna Ester Kalangi Ester Kalangi meytihanna@gmail.com Juli Prastyorini juliprastyorini@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p>Abstrak <br>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh prosedur kerja secara signifikan berpengaruh<br>terhadap kepuasan pelanggan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh waktu secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan<br>pelanggan, untuk menguji dan menganalisis pengaruh Tenaga Kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta<br>untuk menguji dan menganalisis pengaruh Prosedur Kerja, Tenaga Kerja, dan Waktu secara simultan dan signifikan terhadap Kepuasan<br>Pelanggan di PT. IDT Trans Agency Surabaya. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 orang. Kemudian diolah<br>menggunakan software SPSS dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determniasi.<br>Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa prosedur kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, waktu secara<br>signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, tenaga kerja secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan,<br>prosedur kerja, tenaga kerja, serta waktu dapat secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. IDT<br>Trans Agency Surabaya.</p> <p>Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan; Prosedur Kerja; Tenaga Kerja; Waktu.</p> 2024-08-20T17:40:58+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/155 PENGARUH KOMPENSASI DAN JENJANG KARIR TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI PT. PELINDO ENERGI LOGISTIK DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING 2024-08-20T19:29:21+07:00 Ahmad Deliya Ferdiansyah ahmaddeliya@gmail.com Gugus Wijonarko gugus.wijonarko@stiamak.ac.id Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Dian Arisanti dian.arisanti@stiamak.ac.id <p>Dari hasil penelitian dan observasi peneliti dalam pengamatan secara langsung diketahui bahwa beberapa karyawan di PT. Pelindo Energi Logistik termotivasi untuk bekerja dikarenakan kompensasi yang diberikan perusahaan cukup. Selain faktor kompensasi, faktor lain yakni dikarenakan jenjang karir. Hasil penelitian ini yakni Ada pengaruh antara variabel kompensasi terhadap motivasi kerja di PT. Pelindo Energi Logistik. Ada pengaruh antara variabel jenjang karir terhadap motivasi kerja di PT. Pelindo Energi Logistik. Ada pengaruh antara variabel kompensasi terhadap kepuasan kerja di PT. Pelindo Energi Logistik. Ada pengaruh antara variabel jenjang karir terhadap kepuasan kerja di PT. Pelindo Energi Logistik. Ada pengaruh antara variabel motivasi kerja terhadap kepuasan kerja di PT. Pelindo Energi Logistik. Ada pengaruh antara variabel kompensasi melalui kepuasan kerja terhadap motivasi kerja di PT. Pelindo Energi Logistik.Ada pengaruh antara variabel jenjang karir melalui kepuasan kerja terhadap motivasi kerja di PT. Pelindo Energi Logistik.</p> <p><strong><em>Kata Kunci : Kompensasi, Jenjang Karir, Kepuasan Kerja, Motivasi kerja</em></strong></p> 2024-08-20T19:29:18+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/157 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KAPAL, KEDISIPLINAN DAN KECEPATAN BONGKAR MUAT KAPAL TERHADAP PRODUKTIVITAS DI DERMAGA PT. WILMAR NABATI INDONESIA 2024-08-28T17:22:14+07:00 M. Fariz Ardiansyah Muhfariz98@gmail.com Dian Arisanti Dian.arisanti@stiamak.ac.id Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Meyti Hanna Ester Kalangi meytihanna@gmail.com <p>PT. Wilmar nabati Indonesia memiliki tugas utama untuk menyediakan layanan jasa dan barang-barang, sekaligus bertugas untuk menyediakan layanan terkait seluruh keperluan kebutuhan yang khususnya ada di dermaga PT. Wilmar nabati Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh pengaruh dari kualitas pelayanan kapal (X1), kedisiplinan (X2), dan kecepatan bongkar muat kapal (X3) terhadap produktivitas (Y). Jenis pengambilan sampel data penelitian ini 50 responden dari karyawan PT. Wilmar naati Indonesia dengan menyebarkan kuisoner ke karyawan menggunakan teknik probability sampling. Untuk mendapat data yang akan di teliti, penelitian ini menggukan metode kuantitatif dan analisis data dengan uji regresi linier berganda. Sebelum menganalisis data akan dilakukan pengujian kualitas data dengan menggunankan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasi</p> 2024-08-28T17:22:07+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/158 PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT SUBOKA PRATAMA TRANS 2024-08-29T11:09:07+07:00 Eka Sakti Nur Mu’azam oreosakti@gmail.com Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id Indriana Kristiawati indriana@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p>Jasa pengiriman barang atau ekspedisi merupakan badan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan merupakan suatu bentuk layanan public yang menertawakan kemudahan dalam pelaksanaannya. Dalam kegiatan pengiriman barang terdapat hubungan yang saling membantu antara pelaku usaha dengan konsumen nya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen pada PT Suboka Pratama Trans, 2) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Suboka Pratama Trans, 3) Mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Suboka Pratama Trans. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah sample sebanyak 103 responden. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa variabel promosi (X1) nilai Thitung dapat diketahui sebesar 0,142 lebih besar dari nilai Ttabel 0,125 maka variabel promosi mempunyai pengaruh yang signifikan dan variabel kualitas pelayanan (X2) Thitung dapat diketahui sebesar 0,292 lebih besar dari nilai Ttabel 0,125 maka dapat disimplukan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) nilai koefisien determinasi sebesar 0,816 hal ini juga membuktikan variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan.</p> <p><strong>Kata Kunci&nbsp; : Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen</strong></p> 2024-08-29T11:09:06+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jut/article/view/159 PENGARUH MEDIA PROMOSI ONLINE, BRAND IMAGE, DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COZY ARIMBI EATERY PADA PT. JAYA KIRANA SAMUDRA WIBOWO 2024-08-29T16:15:05+07:00 Jovita Kusumaningtyas jovitakusumaningtyas@gmail.com Mudayat Mudayat mudayat@stiamak.ac.id Soedarmanto Soedarmanto soedarmanto@stiamak.ac.id Nur Widyawati nur.widyawati@stiamak.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Media Promosi Online, Brand Image dan Brand<br>Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cozy Arimbi Eatery pada PT. Jaya Kirana<br>Samudra Wibowo”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal dengan metode penelitian<br>kuantitatif dan teknik analisis data menggunaka regresi linear berganda.. Populasi dalam penelitian<br>yaitu 83 pelanggan pada Cozy Arimbi Eatery. Menggunakan teknik random sampling atau<br>menggunakan rumus pada Ms. Excel secara random. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)<br>Media Promosi Online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya media promosi<br>online yang dilakukan oleh Cozy Arimbi Eatery seperti iklan di social media berpengaruh terhadap<br>keputusan pembelian konsumen.(2) Brand Image berpengaruh signifikan terhadap keputusan<br>pembelian, artinya citra merek yang dibuat oleh Cozy Arimbi Eatery seperti suasana café yang<br>nyaman berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. (3) Brand Awareness tidak<br>berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya pengenalan produk dari Cozy Arimbi<br>Eatery masih belum banyak dikenal oleh konsumen sehingga tidak berpengaruh terhadap keputusan<br>pembelian konsumen. (4) Media Promosi Online, Brand Image dan Brand Awareness berpengaruh<br>secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cozy Arimbi Eatery.<br>Kata Kunci : Media Promosi Online, Brand Image, Brand Awareness dan Keputusan<br>Pembelian</p> 2024-08-29T16:15:03+07:00 ##submission.copyrightStatement##