PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FLASH SALE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA GENERASI MUDA PENGGUNA SHOPEE KOTA SURABAYA
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi berbagai sektor mulai dari industri hingga ekonomi. Pesatnya teknologi dan informasi tidak lepas kaitannya dengan internet. Internet memudahkan dalam beraktivitas termasuk berbelanja secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup berbelanja dan flash sale terhadap pembelian impulsif dengan emosi positif sebagai variabel moderasi pada generasi muda pengguna shopee kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 96 responden sesuai dengan jumlah sampel. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Rumus yang digunakan yaitu rumus Lemeshow serta analisis data menggunakan software SmartPls 4.0. Populasi pada penelitian ini yaitu generasi muda pengguna shopee kota Surabaya. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup berbelanja dan emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Sedangkan untuk flash sale tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Selain itu, emosi positif juga tidak dapat memoderasi hubungan antara gaya hidup berbelanja dan flash sale terhadap pembelian impulsif.
Kata Kunci: Emosi Positif; Flash Sale; Gaya Hidup Berbelanja; Pembelian Impulsif.