PENGARUH GREEN MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN ULANG PRODUK AVOSKIN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Icha Yohana stiamak barunawati surabaya
  • Nur Widyawati stiamak barunawati surabaya
  • Gugus Wijonarko stiamak barunawati surabaya
  • Meyti Hanna Ester Kalangi stiamak barunawati surabaya

Abstract

Perawatan kecantikan semakin penting bagi Wanita di Indonesia seiring perkembangan ekonomi dan teknologi. Industry perawatan kulit tumbuh pesat, didukung tren kecantikan korea. Kepuasan pelanggan, green marketing, dan kualitas produk mempengaruhi pembelian ulang. avoskin, merek local dengan konsep green beauty, menjadi focus penelitian ini. Penelitian ini menganalisis pengaruh green marketing dan kualitas produk terhadap pembelian ulang produk avoskin dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Metode kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden pengguna produk Avsokin di Surabaya menggunakan teknik simple ramdom sampling. Data diolah menggunakan SmartPLS 4.0, mencakup uji outer model, inner model, dan uji hpotesis. Hasil penelitian menunjukkan green marketing dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang produk Avoskin, dan mediasi kepuasan signifikan untuk green marketing namun tidak signifikan untuk kualitas produk terhadap pembelian ulang.

Kata Kunci : Green Marketing, Kualitas Produk, Pembelian Ulang, dan Kepuasan

Published
2025-06-21