Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Kapal Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Inaportnet

  • Siti Komariyah stiamak barunawati surabaya
  • Sumarzen Marzuki stiamak barunawati surabaya
  • Meyti Hanna Ester Kalangi stiamak barunawati surabaya
  • Dian Arisanti stiamak barunawati surabaya

Abstract

Penggunaan Inaportnet memiliki manfaat seperti informasi tentang efektivitas dan efisiensi operasi di tempat, seperti kontrol perizinan, bongkar muat, rencana tambat, operator kapal tunda, dan lainnya. Dalam pengembangan sistem inaportnet sangat dibutuhkan kepuasaan pengguna. Kepuasan pengguna sistem dapat dijadikan seperti pokok bagian dalam teknik pengembangan sistem itu sendiri, tetapi juga berfungsi menangkap kelebihan dan keburukan asal dari sistem yang sedang berfungsi atau sistem yang akan diimplementasikan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna sistem inaportnet. Objek penelitian ini adalah Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif,deskriptif motode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh  dengan sampel sebanyak 75 orang dari pungguna jasa sitem inaportnet pada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji analisis regresi liner berganda. Hasil thitung sebesar 2.715 > 1.993 ttabel dengan sigifikan 0.008 < 0.05 pada kompetensi sumber daya manusia (X1) dan pada kualitas pelayanan (X2) thitung 5.218 > 1.993 tabel dengan signifikan 0.000 < 0.05 dengan Fhitung 76.873 > Ftabel 2.73) dan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Dapat disimpulakan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengguna sistem inaportnet.

 

Kata Kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Sistem Inaportnet, Kepuasan

Pengguna

Published
2025-06-19