HARGA, E-WOM, STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC ; CUSTOMER- BASED BRAND EQUITY (CBBE) SEBAGAI PEMEDIASI

  • Chika Andiena Visizia stiamak barunawati surabaya
  • Meyti Hanna Ester Kalangi stiamak barunawati surabaya
  • Juli Prastyorini stiamak barunawati surabaya
  • Nur Widyawati stiamak barunawati surabaya

Abstract

Dalam era digital saat ini, keputusan pembelian produk kosmetik seperti Skintific dipengaruhi oleh berbagai faktor selain produk itu sendiri. Harga yang kompetitif, ulasan online (e-WOM), dan atmosfer toko yang menarik memainkan peran penting. Harga yang sesuai dengan kualitas produk meningkatkan kepuasan konsumen, sementara e-WOM dan store atmosphere menciptakan pengalaman positif yang mendorong pembelian. Penelitian ini menggunakan ekuitas merek berbasis pelanggan (CBBE) sebagai mediator untuk menyelidiki bagaimana harga, e-womb, dan suasana toko mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk skintific di Surabaya. Strategi sampel penelitian ini menggabungkan dasar proporsional dengan pemilihan acak, dan 150 peserta dipilih dengan mengumpulkan informasi menggunakan kuesioner skala Likert. Analisis data deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji model, dan uji hipotesis dengan menggunakan software Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS.SEM) merupakan metodologi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Harga, E-WOM, Suasana Toko, dan Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan (CBBE) mempunyai pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian barang Skintific di Surabaya, menurut penelitian mendukung tujuh hipotesis yang diajukan mampu memediasi dampak Skintific harga produk, word-of-mouth, dan suasana toko terhadap keputusan pembelian di Surabaya. Selain itu, manajemen Skintific juga dimaksudkan agar temuan penelitian ini bermanfaat dalam meningkatkan signifikansi variabel penelitian ini, yang akan meningkatkan kemampuan konsumen untuk melakukan pembelian berdasarkan informasi.

Kata Kunci: Harga, E-WOM, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian, Customer Based Brand Equity

Published
2025-06-19