PENGARUH PROFESIONALISME STREAMER, FLASH SALE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK SOMETHINC (PERCEIVED VALUE SEBAGAI MODERASI)

  • Shinta Dwi Cahya Prameswari stiamak barunawati surabaya
  • Juli Prastyorini stiamak barunawati surabaya
  • Gugus Wijonarko stiamak barunawati surabaya
  • Meyti Hanna Ester Kalangi stiamak barunawati surabaya

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di Industri Kecantikan, Somethinc menyadari bahwa penggunaan Shopee Live sebagai platform pemasaran tunggal tidak lagi cukup untuk membedakan diri dari kompetitor. Mengingat banyak pesaing juga memanfaatkan platform pemasaran yang sama, untuk itu Somethinc perlu mengembangkan strategi yang lebih inovatif dan efektif. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah memanfaatkan fenomena pembelian impulsif yang dapat memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif dalam live streaming e-commerce yaitu Shopee Live. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa profesionalisme streamer, flash sale, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif produk Somethinc. Sedangkan perceived value memiliki efek moderasi memperlemah hubungan antara profesionalisme streamer dan pembelian impulsif, tetapi tidak memiliki efek moderasi terhadap hubungan flash sale dan kualitas produk terhadap pembelian impulsif produk Somethinc.

Kata Kunci : Flash Sale; Kualitas Produk; Profesionalisme Streamer; Pembelian Impulsif; Perceived Value

Published
2025-04-28
Section
Articles