DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM DI SURABAYA UTARA DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk memperluas fungsi pemasaran. Strategi ini mempermudah pelaku bisnis terutama UMKM dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dan memasarkan produk. Selain digital marketing, brand awareness juga penting sebagai pengenal produk kepada pelanggan yang dapat mempengaruhi sebuah keputusan pembelian. Penelitian brtujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan brand Awareness terhadap keputusan pembelian dengan adanya promosi sebagai variabel moderasi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metodel SEM dan MRA melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing, brand awareness, daan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara promosi sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada hubungan antara digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran pada UMKM.
Kata Kunci: Brand Awareness; Digital Marketing; Keputusan Pembelian; Promosi; UMKM.