CUSTOMER REVIEW, INFLUENCER ENDORSEMENT, DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN : TRUST DALAM PERAN MODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer review, influencer endorsement, dan soscial media marketing terhadap keputusan pembelian dengan trust sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Sumenep yang pernah melakukan pembelian di Damala Kitchen. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan model Moderated Regression Analysis (MRA) dan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan influencer endorsement dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Selanjutnya, trust dapat memoderasi pengaruh influencer endorsement terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen. Sedangkan trust tidak dapat memoderasi pengaruh customer review dan social media marketing terhadap keputusan pembelian pada konsumen Damala Kitchen.
Kata Kunci: Customer Review; Influencer Endorsement; Keputusan Pembelian; Social Media Marketing; Trust