PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PROMOSI CASHBACK, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI OVO PADA REMAJA DI SURABAYA

  • Novita Wulandari stiamak barunawati surabaya
  • Dian Arisanti stiamak barunawati surabaya
  • Indriana Kristiawati stiamak barunawati surabaya
  • Mudayat Mudayat stiamak barunawati surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, promosi cashback, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan aplikasi OVO pada remaja di Surabaya. Menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM), penelitian ini mengeksplorasi tiga variabel independen : pengaruh kemudahan penggunaan, promosi cahback dan kepercayaan, serta pengaruhnya terhadap minat menggunakan aplikasi OVO sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang disebarkan kepada 96 responden remaja di Surabaya. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, promosi cashback, dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi OVO dengan nilai t-hitung masing-masing 6,544; 9,862; dan 7,494, yang semuanya lebih besar dari nilai t-tabel 1,986 pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Ketiga variabel secara bersama-sama juga berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi OVO dengan nilai F-hitung 44,397 lebih besar dari nilai F-tabel 2,70.

Kata Kunci: Kepercayaan; Minat Menggunakan; OVO; Persepsi Kemudahan Penggunaan; Promosi Cashback; Remaja; Surabaya.

Published
2025-04-28
Section
Articles