PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA ANGKUTAN PENYEBERANGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna melihat : (1) Kualitas Pelayanan serta harga secara bersama-sama atas kepuasan, (2) pengaruh kualitas pelayanan serta harga atas kepuasan, (3) pengaruh kepuasan atas loyalitas pengguna jasa angkutan penyeberangan, (4) pengaruh harga terhadap loyalitas pengguna jasa angkutan penyeberangan, (5) pengaruh kepuasan atas loyalitas pemakai jasa angkutan penyeberangan, (6) pengaruh kualitas pelayanan atas loyalitas pemakai jasa angkutan penyeberangan yang dimediasi kepuasan, (7) pengaruh harga terhadap loyalitas pengguna jasa angkutan penyeberangan yanf dimediasi kepuasan. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian survei. Pupulasi di riset ini yakni pengguna jasa yang melangsungkan pembelian jasa penyeberangan jarak jauh (Long Distance Ferry) PT Jembatan Nusantara lintas Balikpapan dan Pare-pare. Teknik pengambilan sampel dipergunakan di riset ini yakni purposive sampling sejumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data mempergunakan kuesioner yang disebarkan secara online serta sudah melalui pengujian validitas serta reliabilitasnya. Teknik analisis data yang dipakai guna menemukan jawaban hipotesis riset ini yakni analisis jalur (path) melalui dukungan regresi linier berganda serta uji T. Temuan riset menunjukan bahwasannya: (1) kualitas pelayanan terhadap kepuasan memiliki hasil yang positif yakni sejumlah 0,345. Uji t statistik sejumlah 3,031 > 1,96 dengan demikian dianggap mempunyai pengaruh signifikan; (2) harga terhadap kepuasan memiliki hasil positif sebesar 0,473 dan signifikan dengan hasil 4,247 > 1.96; (3) kualitas pelayanan atas loyalitas pengguna jasa memiliki hasil positif sebesar 0,291 dan signifikan dengan hasil 1,999 > 1,96; (4) harga terhadap loyalitas pengguna jasa memiliki hasil positif sebesar 0,015 dan tidak signifikan dengan hasil 0,126 < 1,96; (5) kepuasan terhadap loyalitas pengguna jasa memiliki hasil positif sebesar 0,373 dan signifikan dengan hasil 3,059 > 1,96; (6) kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna jasa melalui kepuasan memiliki hasil positif 0,129 dan signifikan dengan hasil 1,989 > 1,96; (7) harga terhadap loyalitas pengguna jasa melalui kepuasan memiliki hasil positif 0,177 dan signifikan dengan hasil 2,374 > 1,96.
Kata kunci :Harga, Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pengguna Jasa Angkutan Penyeberangan.