PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT SUBOKA PRATAMA TRANS

  • Eka Sakti Nur Mu’azam stiamak barunawati surabaya
  • Mudayat Mudayat stiamak barunawati surabaya
  • Indriana Kristiawati stiamak barunawati surabaya
  • Nur Widyawati stiamak barunawati surabaya
Keywords: Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Jasa pengiriman barang atau ekspedisi merupakan badan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan merupakan suatu bentuk layanan public yang menertawakan kemudahan dalam pelaksanaannya. Dalam kegiatan pengiriman barang terdapat hubungan yang saling membantu antara pelaku usaha dengan konsumen nya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen pada PT Suboka Pratama Trans, 2) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Suboka Pratama Trans, 3) Mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Suboka Pratama Trans. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah sample sebanyak 103 responden. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa variabel promosi (X1) nilai Thitung dapat diketahui sebesar 0,142 lebih besar dari nilai Ttabel 0,125 maka variabel promosi mempunyai pengaruh yang signifikan dan variabel kualitas pelayanan (X2) Thitung dapat diketahui sebesar 0,292 lebih besar dari nilai Ttabel 0,125 maka dapat disimplukan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) nilai koefisien determinasi sebesar 0,816 hal ini juga membuktikan variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan.

Kata Kunci  : Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen

Published
2024-08-29
Section
Articles