PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN SUMBER DAYA MANUSIA, PERALATAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM PROSEDUR TERHADAP PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT DI MAKASSAR NEW PORT

SUMBER DAYA MANUSIA

  • Arif Kurniawan Arsyad Stiamak Barunawati Surabaya
  • Sumarzen Marzuki Stiamak Barunawati Surabaya
  • Meyti Hanna Ester Kalangi Stiamak Barunawati Surabaya
  • Nur Widyawati Stiamak Barunawati Surabaya

Abstract

Terminal Petikemas Makassar New Port, merupakan salah satu Pengembangan Pelabuhan yang dilakukan PT Pelindo unutk meningkatkan arus petikemas dan sebagai gerbang pintu perekonomian untuk moda transportasi laut Indonesia timur.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari faktor-faktor fisik yang terdiri dari Pengetahuan Sumber Daya Manusia (X1) Peralatan (X2), IT (X3) dan Sispro (X4) pada Produktivitas (Y) bongkar muat Petikemas di Terminal Makassar New Port dengan jenis penelitian kuantitatif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor fisik (X1, X2, X3 dan X4) mempengaruhi produktivitas (Y) baik secara parsial maupun simultan sedangkan  faktor IT  adalah faktor paling dominan dalam mempengaruhi Produktivitas (Y) kegiatan bongkar muat Petikemas pada Terminal Makassar New Port.

 

Kata Kunci : Penegtahuan Sumber Daya Manusia, Peralatan Bongkar Muat, IT, Sistem dan Prosedur, Produktivitas, Terminal Petikemas.

Published
2024-03-26