PEGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET PENUMPANG KAPAL DI TERMINAL PENUMPANG GAPURA SURYA NUSANTARA

  • Kajanto . STIA Dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Muhammad Ainul STIA Dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
  • Soedarmanto . STIA Dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Tiket, accidental sampling

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang semakin baik dan pemerataan pembangunan yang semakin pesat menjadikan kebutuhan akan moda transportasi laut menjadi sangat  tinggi, hal ini disebabkan karena wilayah jangkauannya yang cukup luas dan tarif yang cukup terjangkau. Distribusi atau persebaran barang biasanya juga diikuti dengan perpindahan orang, dimana mereka menjadi sumber daya manusia yang menyokong pertumbuhan suatu negara. Perhatian akan terminal penumpang laut menjadi sangat penting untuk mengakomodir kebutuhan terhadap terminal tersebut, hal ini ditujukan untuk membuat calon penumpang kapal semakin nyaman dalam melakukan perjalanan. Salah satu hal yang dapat diperhatikan adalah bauran pemasaran yang berpotensi mempengaruhi keputusan pembelian tiket kapal.

Penelitian ini memiliki jenis kuantitatif, dengan sifat penelitian asosiatif dan ekslpanatori karena ingin melihat hubungan antara bauran pemasaran dengan keputusan pembelian dan mencoba untuk menjelaskan hubungan antara keduanya. Responden dalam penelitian ini adalah calon penumpang kapal yang berjumlah 100 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang bertujuan untuk melihat pengaruh secara parsial, simultan dan uji faktor dominan.

Dari hasil analisis data didapati hasil bahwa subvariabel bauran pemasaran secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, diantaranya produk dengan tingkat signifikansi sebesar 0,026, harga dengan tingkat signifikansi sebesar 0,019, lokasi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,006, promosi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,036, bukti fisik dengan tingkat signifikansi sebesar 0,018, SDM/Orang dengan tingkat signifikansi sebesar 0,016, Proses dengan tingkat signifikansi sebesar 0,043. Secara simultan bauran pemasaran dalam penelitian ini berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Dalam uji faktor dominan subvariabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah subvariabel promosi dengan tingkat sumbangan efektif sebesar 8,6%.

Published
2020-06-27